Sabtu, 13 Juni 2009

Livin' Legend - U2

Vokal : Bono
Gitar : The Edge
Bass : Adam Clayton
Drum : Larry Mullen Jr.

Antara kesuksesan Album Baru Dan Kemampuan Band Yang Bertahan Lama, Ini adalah Tentang U2, : Band terbesar di dunia.



Ya, rasanya kalimat di atas tidak terlalu berlebihan. Karena U2 berhasil menjual 145 juta album (masih terus berjalan), memboyong 22 Grammy Awards, dan meraup ratusan juta dollar dari kontrak panggung, rasanya hal ini masih bisa di pertimbangkan untuk menjadikan U2 sebagai band terbesar di dunia.
Berlebihan? Rasanya tidak.
Dengan segala pencapaian yang mereka dapat, suka atau tidak hal ini memang benar adanya, masih nggak percaya? coba aja tanya pada paman, atau tante kalian tentang U2, pasti mereka menjawab sama : hebat.
33 tahun berkarya, dan masih produktif hingga sekarang, jelas U2 bukan band biasa.

Bermula dari Iklan Mading yang ditempel di sebuah sekolah menengah atas di Dublin, Irlandia, dan dapur rumahnya Larry Mullen, Jr. menjadi saksi sejarah terbentuknya U2. Iklan yang ternyata dipasang Larry Mullen itu berhasil menarik minat 6-7 orang. Tempat audisi pun berlangsung di dapur sempit di rumahnya. Dari situ terhimpunlah Dave Evans atau The Edge (gitar), Adam Clayton (bas), dan Paul Hewson (Bono).

Di awal kemunculannya grup ini memilih nama Feedback dan banyak melantunkan cover lagu dari grup Beatles. Pada tahun 1977, nama mereka ganti lagi jadi Hype. Karena grup ini ditinggalin oleh Dick Evans maka mereka pun nama group bandnya menjadi U2. Dengan mengutamakan suara gitar, warna musik U2 jadi lebih bergaya post-punk, sebuah hal yang ironis karena di tahun '76 pas U2 baru dibentuk, musik punk bahkan belum nyampe ke Irlandia.

Keberuntungan baru datang pada 1980, ketika mereka bergabung dengan Island Records, yang didirikan oleh Chris Blackwell. Mereka merilis Boy, sebuah album yang dinilai sebagai karya yang cocok banget dengan anak muda. Identitas khas U2 baru tampak jelas ketika mereka merilis War pada 1983. Lagu Sunday, Bloody Sunday, yang ngomongin soal tentang kekerasan di Irlandia Utara, langsung menjadi cap bahwa U2 band idealistis dan politis. U2 sih tenang-tenang aja dan malah milih lagu ini jadi lagu kebangsaan.

Setelah sukses menjajah Inggris, pelan-pelan mereka menggempur Amerika. Tur mereka di tanah jajahan baru ini laris. Di tahun 1985 majalah Rolling Stone menjuluki U2 menjadi Band 1980-an, bagi fans rock and roll yang jumlahnya terus bertambah, U2 menjadi band yang paling dianggap, mungkin bahkan satu-satunya band yang penting.

U2 benar-benar berada di puncak pas The Joshua Tree dirilis tahun 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris dalam waktu sangat singkat, dan kemudian mulai merambah Amerika dan bertahan hingga sembilan pekan. Karena lagu andalannya benar-benar merajai, U2 sempat jadi laporan utama majalah Time dengan judul Tiket Rock Terpanas. Inilah kehormatan yang hanya didapat oleh dua band lain, The Beatles dan The Who.



No Line On The Horizon, adalah album paling mutakhir dari band ini. Rilis secara Internasional pada 27 Februari kemarin, ini adalah album studio ke 12 mereka. Ini adalah rilisan terbaru mereka sejak merilis How to Dismantle an Atomic Bomb pada 2004 lalu.
Kerja keras mereka selam 5 tahun tidak sia-sia. Berisi 11 track lagu, album ini mendapat pujian di mana-mana.
Setelah muncul tiba-tiba di tahun 1977 dengan memasukkan unsur dance di album Pop, dan balik lagi ke musik awal mereka di All That You Can't Leave Behind(2000), album mereka ini terlihat berbeda. Dengan Sound yang agak "kasar", barisan lagu di album ini mengandung spontanitas yang jelas.
Membuat album yang sarat eksperimen namun tetap komersil jelas bukan hal yang mudah, namun di album ini. Bono cs. berhasil membuktikan taji-nya. Kesuksesan ini jelas tidak bisa lepas dari peran produser mereka, Steve Lilywhite, Brian Eno, dan Daniel Lanois, yang membantu mereka menggarap album ini. Tiga produser ini dirasa cocok untuk untuk membawa musik U2 ke level yang lebih tinggi lagi. Sebelum saat awal penggarapan album ini. U2 sebenarnya mengajak Rick Rubin a.k.aTrue Producer untuk menjadi produser mereka, Namun hal ini batal karena mereka merasa tidak cocok dengan Rick Rubin.

Bisa bertahan puluhan tahun jelas tidak gampang buat U2, apa resp U2 hingga menjadi seperti ini? Ini dia tips dari Bono :
-Sadari potensi masing-masing.
-Percaya pada band yang kamu punya
-Jangan pernah menjadi pecundang dengan menyandang kata-kata "menyerah".
-Utamakan Kebersamaan

Dengan segala kesuksesan yang mereka raih, rasanya layak menyandangkan band ini dengan iming iming "legenda musik dunia".

Diskografi

ALBUM :
-Boy
-October
-War
-Under a Blood Red Sky
-The Unforgettable Fire
-The Joshua Tree
-Rattle and Hum
-Achtung Baby
-Zooropa
-Pop
-All That You Can't Left Behind
-How To Dismantle A Bomb
-No Line On Horizon

0 komentar:

Posting Komentar

Video Minggu Ini

Buka Videonya