Selasa, 23 Juni 2009

Vierra vs Lost Prophets


Vierra menjiplak lagu

Satu lagi nih, band pendatang baru yang dikabarkan menduplikat lagu band luar negeri. Yup, setelah D'Masiv, Vierra juga digosipkan menduplikat lagu band luar negeri.
Band yang di gawangi oleh Widi(vokal), Kevin(Keyboard), Raka(Gitar), dan Tryan(drum) kabarnya mencontek lagu Lost Prophets(LP).
Mungkin ini agak terdengar absurd ya.. tapi untuk informasi, LP merupakan band Amerika yang membawakan lagu bernuansa Rock/Hard Rock, sedangkan Vierra sendiri membawakan lagu bernuansa Pop Disney.
Entah kenapa, reff dari singel pertama Vierra, "Dengarkan Curhatku" terasa amat mirip dengan "Rooftops" nya LP, coba aja perhatiin mulai dari ketukan drumnya, hingga cara menyanyinya.... mungkin ini agak berlebihan, karena Vierra juga membawa suasana baru dalam blantika musik tanah air yang di dominasi oleh lagu-lagu melayu... tapi, apa boleh buat memang begitu kenyataannya.
Balik lagi ke Vierra, rasanya nggak mungkin Vierra menjiplak lagu LP, apa lagi sosok Kevin, sang pemimpin yang berasal dari keluarga yang di tubuhnya mengalir deras darah seni, terutama soal musik. Bagaimana tidak, Ayahnya(Adi Ms) merupakan komposer kondang, selain itu ibunya(Memes) juga merupakan penyanyi kenamaan. Rasanya nggak tega melihat band yang masih hijau ini dijuluki "sang plagiat".
Balik ke hukum, sebenarnya sebuah lagu dinyatakan melanggar hak cipta (menjiplak) baru dinyatakan apabila ada kesamaan notasi yang melebihi dari 8 bar. Tetapi kalau tidak, basih bisa ngeles kalau itu terinspirasi, atau kebetulan saja..
Bagaimana pendapat anda? silahkan bandingkan sendiri dengan bijak, jujur, adil, dan bijaksana (kayak iklan partai aja...)
Okay.. sampai di sini dulu.. karena saya juga masih sibuk mencari Sma.. mangka dari itu... salam musik Indonesia!!!!! (^-^)

6 komentar:

  1. ngak tau lah,,,
    mungkin dapet inspirasi kali,,
    oh ya salam kenal y

    BalasHapus
  2. wah,jangan sampai ada sang plagiat ke 2

    BalasHapus
  3. Aslmkm,,,,, sahabat blogger semuanya..... pa kabar.. pagi nih.... aku mau pamit nih... beberapa bulan mendatang.. aku absen ngeBlog....

    BalasHapus
  4. koreksi dikit Lostprophets itu Welsh band a.k.a dari Britania Raya bukan dari US :D

    BalasHapus

Video Minggu Ini

Buka Videonya